Melalui Gebyar PAUD, Pemkab Parimo Tingkatkan Kreativitas Anak

Pembukaan gebyar Paud di Kabupaten Parigi Moutong. Foto: istimewa
Pembukaan gebyar Paud di Kabupaten Parigi Moutong. Foto: istimewa

Parimo, kabarsulteng.id – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang pertama di Sulawesi Tengah.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan sangat meriah dibawah kepemimpinan Bunda PAUD Kabupaten Parigi Moutong Noor Wichita Prihartini S Tombolotutu.

Gebyar Paud digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 26 sampai 27 Mei 2023, bertempat di Gedung Pertemuan Pantai Mosing Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan.

Baca juga: Sosialisasikan Program Olahraga, Dinkes Parigi Moutong Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Kegiatan diawali dengan Workshop Penguatan Literasi Baca Tulis dan Numerasi Melalui Bermain dan Bernyanyi dengan tujuan untuk meningkatkan Kreativitas anak.

Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong Noor Wachida Prihartini mengatakan, kehadiran Guru PAUD, Bunda PAUD Desa, Kelurahan dan Kecamatan memang sangat di harapkan untuk mengikuti Workshop tersebut, guna menambah ilmu terkait PAUD.

Baca juga: Event Paralayang Internasional di Parigi Moutong Berakhir

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran ibu ibu sekalian, ini adalah yang saya harapkan selaku Bunda PAUD Kabupaten Parigi Moutong,” katanya, Jum’at 26 Mei 2023.

Sambung Noor Wachida, bahwa dirinya dari dulu sudah memprogramkan ingin menggelar Gebyar PAUD sekaligus memberikan Pelatihan atau tutor kepada seluruh Guru PAUD dan Bunda PAUD.

Baca juga: 125 Atlet Paralayang Meriahkan Event Parigi Moutong Accuracy Indonesia  Open Cat-2 

Namun tertunda dikarenakan tahun kemarin adanya Covid-19, sehingga nanti tahun 2023 bisa dilaksanakan Pelatihan tersebut melalui Workshop.

Noor Wachida menambahkan, untuk pemateri berasal dari Dosen PAUD Universitas Tadulako (Untad) Palu yang tidak lain adalah asli putra daerah Kabupaten Parigi Moutong kelahiran Parigi Amrullah.

Sedangkan istrinya Sitta Awalunnisa yang juga pemateri merupakan kelahiran Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Parigi Moutong Accuracy Indonesia Open Cat-2 Resmi Digelar

“Alhamdukillah kita dihadiri sekaligus memberikan materi dari dosen PAUD asli Parigi Moutong dan beliau juga menguasai Ilmu PAUD semuanya karena dulu sekolahnya di Jogyakarta Sarjana khusus PAUD beliau adalah bapak Amrullah,” jelasnya.

Bunda PAUD Noor Wachida yakin dan percaya Guru PAUD adalah yang pertama dari yang utama meletakkan dasar Pendidikan kepada anak anak.

Baca juga: Batik Parigata, Tenun Khas Parigi Moutong Diperkenalkan di Amerika Serikat

Noor Wachida mengibaratkan, jika membangun sebuah gedung sampai lantai 50 keatas, dapat dipastikan pondasi yang dibuat sangat kuat, dan pondasi itu adalah PAUD.

“Sekolah mau setinggi apapun PAUD adalah dasarnya. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada ibu ibu yang telah memberikan ilmunya, kasih sayangnya, terutama membagi perasaan hatinya kepada anak anak PAUD,” tandasnya.

Baca juga: Pengurus Askab PSSI Parigi Moutong Resmi Dilantik

Workshop yang dihadiri 1000 orang lebih itu dihadiri Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Sunarti, Pejabat Eselon dan tamu undangan lainnya.