Tak Bisa Lunasi BPHi, Ratusan Calon Haji di Sulteng Gagal Berangkat

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulteng Muhcilis. Foto: Angel/kabarsulteng.id
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulteng Muhcilis. Foto: Angel/kabarsulteng.id

Palu, Kabarsulteng.id – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat ada sebanyak 232 Calon Jemaah Haji tidak bisa melunasi biaya perjalanan haji 2023.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulteng Muhcilis menjelaskan, dari total jumlah calon jemaah haji 1.993 orang, yang baru melunasi 1.761 orang dan sekitar 232 yang tidak melunasi.

“Memang ada sejumlah faktor yang membuat calon jemaah haji tidak bisa melunasi biaya haji pada tahun ini salah satunya faktor ekonomi,” jelasnya kepada kabarsulteng.id Sabtu 27 Mei 2023.

“Artinya kalau kita melihat presentasi yang melunasi kuota itu 88% dan 12% tidak melunasi tapi akan digantikan oleh cadangan yang sudah melunasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Muhclis, selain faktor ekonomi para calon jamaah haji, ada juga ketidak siapnya mental para calon jamaah haji serta terkait dengan pemerintah tidak mengeluarkan regulasi pendampingan atau makom nya.

Olehnya itu, untuk mengantisipasi kekosongan kuota Kemenag Sulteng sudah menyiapkan sebanyak 336 calon jemaah haji cadangan yang sudah siap, segalah sesuatunya untuk diberangkatkan pada keberangkatan haji 2023 nantinya.

Ia menambahkan, adapun calon jemah haji yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2023 berjumlah 1.993 orang, yang terbagi ke dalam 7 kloter pemberangkatan embarkasi Balikpapan yang masing-masing kloter berisi 294 jemaah ditambah 5 petugas.

“Tidak dirasa waktu keberangkatan sudah dekat saya menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji agar terus memperhatikan kesehatan dan bagi lansia makanannya tolong di jaga makan yang bergizi,” pungkasnya. (Angel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *