Sapi Kurban Presiden Jokowi akan Disembelih di Sigi

Ilustrasi sapi yang akan di kurban. Foto:Angel/kabarsulteng.id
Ilustrasi sapi yang akan di kurban. Foto:Angel/kabarsulteng.id

Palu, Kabarsulteng – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengumumkan, Presiden Joko Widodo, menyumbang satu ekor sapi untuk di kurbankan di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi.

Diperkirakan, bobotnya sapi milik Mantan Gubernur Jakarta itu kurang lebih satu ton.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Perternaka (Disbunnak) Sulteng Dandy Alfita mengatakan, untuk lokasi penyembelihan Sapi Qurban Presiden di momen Idul adhan 2023, telah ditetapkan melalui surat Pemprov Sulteng yang membalas surat dari Sekretariat Presiden RI, perihal masjid penerima bantuan hewan kurban presiden.

“Pemprov Sulteng sudah menetapkan Masjid Al-Istiqomah di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi sebagai lokasi penyembelihan di hari Idul Adha akhir Juni nanti,” katanya kepada Kabarsulteng.id Sabtu 27 Mei 2023.

Lebih lanjut, kata Dandy, bantuan hewan kurban dari Presiden RI di 34 provinsi setiap tahunnya selalu ada.

Sebab, hewan kurban itu merupakan bantuan kemasyarakatan yang didanai oleh sekretariat negara.

Berdasarkan arahan Pemerintah Pusat, bahwa proses penyembelihan dilakukan oleh panitia setempat, termasuk pembagian daging.

Ia menuturkan, Pemprov Sulteng hanya sebatas memfasilitasi kelancaran proses penyelenggaraan administrasi, pemeriksaan kesehatan hewan, hingga distribusi kurban ke tempat pemotongan.

“Kami di bagian Kesehatan Hewan (Keswan), untuk perkembangan kesehatan sudah di pantau mulai kita berikan perawatan seperti obat cacing dan vitamin lainnya,” tutur Arfita.

Tak hanya itu, pihaknya melakukan pemeriksaan sampel untuk jenis antraks, parasit darah.

Kemudian, tes RBT itu akan kirimkan untuk diteliti di balai besar PT Renor maros, guna pemeriksaan Endoparasit.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihak Disbunnak Sulteng masih menyeleksi sapi-sapi yang menjadi calon hewan kurban Presiden RI sebelum di ajukan di Sekretariat Negara.

“Nantinya kami akan terus menyeleksi sapi-sapi yang menjadi calon hewan kurban presiden. Kami mengusahakan sapi presiden tahun ini lebih berat dari tahun sebelumnya, tahun lalu berat sapi yang dikurbankan oleh presiden seberat 900 kilogram,” tambahnya.

Diketahui, sebelumnya di tahun 2022 Presiden Jokowi Widodo pernah menyumbangkan satu ekor sapi dengan berat lebih dari 900 kilo gram di Desa Pombewe Sigi. (Angel)