Lakukan Kerja Sama Dengan KPU, Ini Peran Polresta Palu dalam Pemilu

Kapolres Palu Kombes Pol Barliansyah. Foto: Angel/kabarsulteng.id
Kapolres Palu Kombes Pol Barliansyah. Foto: Angel/kabarsulteng.id

Palu, Kabarsulteng.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan berbagai tugas, salah satunya bentuk pengamanan di Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Polresta (Kapolresta) Palu, Kombes Pol. Barliansyah menjelaskan, Nota Kesepahaman (MoU) KPU dengan Polri ini untuk mendukung Pemilu 2024 yang ditanda tangani oleh Ketua KPU RI dan Kapolri dengan beberapa poin.

“Saya akan memberikan penekanan dalam rangka pemilu yang akan kita gelar di 14 Februari 2024 sesuai dengan aturan yang sudah kami sepakati,” jelasnya kepada kabarsulteng.id Jumat 26 Mei 2023.

Peran Polresta palu dalam Pemilu 2024 mulai dengan pertukaran data dan informasi, bantuan pengamanan, penegakan hukum, perumusan aturan teknis, peningkatan kualitas dan pemanfaatan SDM, dan pemanfaatan sarana dan prasarana polri.

Lebih lanjut, kata Barliansyah, Polri menyusun indeks potensi kerawanan pemilu menggunakan indikator kamtibmas yang dapat dimanfaatkan oleh KPU, selain itu Polri melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan sebagai antisipasi keamanan pada setiap tahapan Pemilu, serta akan melakukan Operasi Mantap Brata untuk Pemilu dan Operasi Mantap Praja untuk Pilkada Serentak 2024.

Tak hanya itu, Polri juga mengantisipasi Kampanye Hitam, Hoaks, Politik Uang, pelanggaran Pemilu lainnya, serta KPU RI dapat meminta masukan dan pertimbangan Polri dalam menyusun peraturan Teknis Pilkada 2024 guna mengurangi kemungkinan multitafsir yang menimbulkan kegaduhan dilapangann.

Ia menuturkan, pihaknya siap dalam dilibatkan sebagai narasumber untuk edukasi Pemilu berkualitas dan juga sarana prasarana Polri dapat digunakan untuk pengamanan dan distribusi logistik ke daerah yang sulit di jankau.

“Dengan ini kami sudah ikut berpartisipasi kepada KPU dan Bawaslu semoga seluruh tahapannya sukses, transparan,akuntabel, dan bersinergi dengan semua pihak terkait suksesnya Pemilu 2024 nanti,” tuturnya.

Ia menghimbau, kepada semua Parpol, Caleg dan Kontestan Pilkada agar mematuhi aturan pemilu, berkompotisi dengan sehat, tidak menggunakan cara yang kotor, komitmen untuk siap menang dan siap kalah.

“Bukan hanya Parpol saja tapi Masyarakat juga mari kita menyukseskan Pemilu 2024 dengan mengikuti pencoblosan, tidak mudah di provokasi, dan tetal menjaga stabilitas Kamtibmas menjelang pada saat dan sesudah Pemilu,” pungkasnya. (Angel)