Palu, kabarsulteng.id – Mantan Bupati Kabupaten Buol, Dr. dr. Amirudin Rauf atau lebih dikenal dr. Rudi resmi dilantik sebagai Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sulawesi Tengah (Sulteng) periode 2022-2025, di Palu, Minggu, 19 Maret 2023.
Sebagai ketua baru POGI Sulteng, dr. Rudi meminta rekan-rekan sejawat spesialisnya bekerjasama memberi pelayanan terbaik termasuk dalam pencegahan kematian ibu dan bayi serta stunting.
“Kita juga diberi tanggungjawab untuk menurunkan kematian ibu dan bayi serta stunting menuju generasi emas Indonesia 2045,” tegasnya.
Mewakili Gubernur Sulteng, Kepala Dinas Kesehatan dr. Komang Adi Sujendra berharap POGI tidak hanya terbentuk di tingkat provinsi saja akan tetapi meluas hingga ke semua kabupaten di Sulteng.
Harapan ini kata dr. Komang Adi Sujendra, bertujuan agar terjadi pemerataan dokter-dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi atau lebih dikenal masyarakat dengan dokter kandungan.
Terkhusus supaya tercipta sinergitas dengan pemerintah kabupaten dalam rangka menurunkan prevalensi kematian ibu dan bayi serta stunting.
“Saya ucapkan selamat mengabdi untuk seluruh pengurus POGI cabang Sulteng,” ujar dr. Komang Adi.
Sementara itu, Ketua Umum POGI Prof. Dr. dr. Yudi Mulyana Hidayat meminta POGI Sulteng dapat menginisiasi pembentukan pusat studi spesialis Obstetri dan Ginekologi pada fakultas kedokteran Universitas Tadulako.
“Supaya lulusan (kedokteran) tidak usah jauh-jauh (keluar daerah) melanjutkan studi spesialis, agar lebih banyak putra-putri daerah menjadi dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi sehingga pemerataan layanan akan terwujud,” ucap Yudi.
Ketua IDI Sulteng dr. Moh. Akbar mengusulkan agar POGI bersinergi dengan dokter-dokter umum untuk deteksi awal seputar obstetri dan ginekologi, mengingat keterbatasan jangkauan dokter-dokter spesialis di wilayah pelosok Sulteng.
“Tolong dibimbing dan dilatih untuk menggunakan alat-alat seperti USG,” harapnya.
Selain pelantikan, ikut diselenggarakan Simposium 1000 Hari Awal Kehidupan yang diikuti lebih kurang 100 peserta dari unsur tenaga kesehatan.***