Berikut Point RKPD Parimo Tahun 2024

Berikut Point RKPD Parimo Tahun 2024
Sekda Parimo Zulfinasran saat membuka kegiatan forum lintas perangkat daerah terkait penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Parimo tahun 2024. (Foto: Diskominfo Parimo)

Parigi Moutong, kabarsulteng.id – Badan Penyelenggaraan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) gelar kegiatan forum lintas perangkat daerah terkait penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parimo tahun 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Parimo Zulfinasran, bertempat di Aula kantor Bappelitbangda, Rabu, 8 Maret 2023.

Zulfinasran mengatakan, kegiatan ini guna menyelaraskan usulan kegiatan pembangunan dengan arah kebijakan pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten Tahun 2024 serta mensinkronkan usulan kegiatan pembangunan dari hasil Musrenbang Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD dengan rancangan rencana kerja perangkat daerah.

Pelaksanaan forum ini merupakan amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negri RI Nomor 86 tahun 2017.

“Salah satu tahapan RKPD ini yaitu menyelenggarakan forum lintas perangkat daerah untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah dan rencana kerja Perangkat Daerah,” Kata Zulfinasran.

Zulfinasran menerangkan, forum lintas perangkat daerah ini merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang di mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi serta tingkat Nasional, hal tersebut merupakan penajaman dari hasil Musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 13-17 Februari 2023 yang lalu.

“Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai Sarana Komunikasi Interaktif dan dialog membangun antara seluruh pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Parigi Moutong meliputi Eksekutif dan Legislatif guna membahas usulan kegiatan dari hasil Musrenbang Kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD, rancangan rencana kerja perangkat daerah serta mengkonfirmasi dan membahas usulan Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD yang dapat atau tidak dapat diakomodir dalam rencana kerja daerah”, terangnya.

Sekda juga menyampaikan pembangunan di bidang Infrastruktur dasar tetap menjadi perhatian hingga selesai Tahun perencanaan guna terciptanya pemerataan pembangunan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya sinergi antara kebijakan Pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Nasional serta kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak Swasta.

Pembangunan di bidang Ekonomi Khususnya peningkatan Produksi dan Produktivitas pertanian pariwisata dan pembangunan di bidang Sosial Budaya masih menjadi Prioritas yaitu peningkatan Kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan Sumber Daya Manusia Aparatur, Tambahnya.

 

Berikut beberapa poin penting dalam penyusunan RKPD tahun 2024 yaitu :

1. Tema RKPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2024 yaitu Percepatan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi Produk unggulan berbasis kawasan yang didukung sumber daya lokal, untuk itu diharapkan agar pembahasan usulan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Pokok-pokok pikiran DPRD hingga rumusan rancangan awal kerja perangkat daerah harus dilaksanakan dengan tema tersebut.

2. Penyelarasan rencana program kegiatan Organisasi Perangkat Daerah dengan hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan, Pokok-pokok pikiran DPRD tetap melihat skala prioritas dan perkiraan kemampuan anggaran Daerah serta hasil Evaluasi dari pelaksanaan RKPD tahun sebelumnya.

3. Dalam pengusulan Program kerja Organisasi Perangkat Daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang yang dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep Inovasi-inovasi pelayanan yang lebih baik karena bagaimanapun juga inovasi daerah adalah keharusan dalam konsep daerah yang lebih maju.

“Saya berharap melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan yang dilandasi itikad dan semangat yang baik diharapkan penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah akan semakin Komperensif dan berkualitas,” harap Sekda.***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *