Bupati Parimo Minta KONI dan Dinas Pemuda Kolaborasi dengan Pihak Sekolah

Bupati Parimo Minta KONI dan Dinas Pemuda Bangun Kolaborasi dengan Pihak Sekolah
Rapat evaluasi pembinaan atlet di Parigi Moutong. (Foto: Diskominfo Kabupaten Parimo)

KABAR SULTENG, PARIMO – Bupati Parigi Moutong (Parimo) Samsurizal Tombolotutu meminta KONI dan Dinas Pemuda Olahraga Parimo membangun kolaborasi dengan pihak sekolah dalam membangun olahraga daerah.

‚ÄúPencarian bakat atlet harus di mulai dari sekolah tingkat dasar, karena bakat anak bisanya terlihat sejak di bangku sekolah, maka pembinaan perlu diwali dari sekolah melalui guru olahraga,” kata Bupati Parimo saat memimpin rapat evaluasi pembinaan atlet di Parigi Moutong, Rabu, 11 Januari 2023.

Bacaan Lainnya

Baca juga: ASKAB PSSI Parigi Moutong Tetapkan Ketua dan Wakil Ketua 2023-2027

Menurut Samsurizal, guru berperan besar memantau perkembangan potensi anak di bidang olahraga. Sehingga Pemkab Parimo meminta KONI dan Dinas Pemuda Olahraga setempat membangun kolaborasi dengan pihak sekolah.

Pada skala lebih besar, pembinaan secara spesifik dilakukan melalui masing-masing cabang olahraga (cabor) sesuai minat dan bakat, untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi.

“Masing-masing cabor harus menyiapkan pelatih sesuai kriteria atau memiliki lisensi untuk melakukan pembinaan. Kami sangat mendukung pengembangan olahraga daerah, bentuk dukungan pemerintah secara finansial maupun moril,” ujar Samsurizal.

Ia mengemukakan, banyak generasi muda daerah potensial, hanya saja mereka tidak memiliki wadah pembinaan yang optimal, maka hal ini menjadi tugas masing-masing cabang olahraga untuk memberikan pengayoman terhadap atlet.

Salah satu contoh, katanya, pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Banggai pada Desember 2022, banyak atlet muda asal Parigi Moutong menyabet medali, dan kabupaten itu berada diperingkat lima peraih medali terbanyak dengan perolehan 85 medali.

“Prestasi olahraga daerah meningkat tidak terlepas dari dukungan pemerintah setempat. Kami bersyukur sejumlah atlet asal Parigi Moutong bisa berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) dari cabang olahraga atletik,” tutur Samsurizal.

Lanjutnya, tahun ini Pemkab Parigi Moutong menggenjot pembinaan atlet dengan mendatangkan pelatih-pelatih profesional berlisensi nasional.

Dengan harapan, generasi muda di daerah itu mampu mencetak prestasi dalam berbagai kejuaraan tingkat lokal, regional hingga nasional.

“Kami secara konsisten membangun ini semua untuk pada depan daerah yang lebih baik, salah satunya lewat bidang olahraga,” demikian Samsurizal.***

Pos terkait