Kedutaan Besar Inggris Gandeng RJR Kenalkan Rumah Sehat Rakyat di Sulteng

Kedutaan Besar Inggris Jakarta bersama dengan Lapor Covid-19 dan Roa Jaga Roa (RJR) mengenalkan layanan kesehatan virtual Rumah Sehat Rakyat (RSR) di Sulawesi Tengah. (Foto: KS)

KABARSULTENG.ID, PALU – Kedutaan Besar Inggris Jakarta melalui program Akses Digital bersama dengan Lapor Covid-19 dan Roa Jaga Roa (RJR) mengenalkan layanan kesehatan virtual Rumah Sehat Rakyat (RSR) di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyampaikan, tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan layanan kesehatan di tujuh wilayah geografis berbeda yang telah terkena dampak buruk dari penyakit menular, perubahan iklim, dan bencana alam khususnya di Sulawesi Tengah.

“RSR bertujuan untuk mengurangi tekanan pada layanan kesehatan dengan menggunakan teknologi untuk menyediakan akses virtual kepada masyarakat lokal untuk menjangkau tayanan dokter dan penyedia kesehatan professional lainnya,” kata Owen, di Palu, Rabu, 24 Agustus 2022.

RSR mendukung penyediaan layanan konsultasi kesehatan fisik dan mental kapan masyarakat yang paling terkena dampak penyakit menular, perubahan iklim, dan bencana alam.

“Layanan RSR bersifat gratis. Bagi mereka yang terdaftar menjadi pengguna RSR akan ada kunjungan virtual rutin oleh para tenaga kesehatan professional untuk memeriksa dan mengamati kondisi kesehatan mereka. Namun, tim RSR tidak menyediakan peralatan kesehatan dalam layanan kesehatan virtual ini,” ujarnya.

Sebaliknya, sistem RSR memungkinkan dokter dan individu untuk memasukkan data kondisi kesehatan dasar ka dalam sistem Kemudian memberikan penilaian individu yang mencerminkan kondisi kesehatan pasien.

Baca juga: Ormas Besutan Iwan Fals Kisruh di Sulteng, Ketum Oi Diminta Mundur

Sementara itu, RSR juga memberikan kesempatan kepada mitra komunitas di Palu, Roa Jaga Roa dan komunitas lainnya untuk lebih aktif terlibat dalam diseminasi materi edukasi tentang kesehatan fisik dan mentai kepada masyarakat luas.

“Sejauh ini, Roa Jaga Roa telah menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah dan pejabat rumah sakit tentang implementasi RSR, serta untuk mempromosikan melalui televisi, radio, dan media sosial. Selain itu, pelibatan Roa Jaga Roa juga dimaksudkan untuk menjalankan kampanye di beberapa sekolah yang ditargetkan dan lembaga pendidikan lainnya,” terangnya.

Owen Jenkins juga menyampaikan, bahwa Covid-19 telah menyebabkan gangguan kesehatan dan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Inggris dan Indonesia.

“Saya sangat senang bahwa Program Akses Digital kami mendukung sektor digital secara menyeluruh hingga di bagian Timur Indonesia. Melalui kemitraan kami dengan Lapor Covid-19, Rumah Sehat Rakyat menjadi demonstrasi yang sangat baik tentang bagaimana kami dapat membantu mengembangkan cara-cara baru yang inovatif dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang rentan dan marjinal di Indonesia,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, kondisi ini juga telah mempercepat transisi ke solusi digital di banyak bidang kehidupan kita termasuk perawatan kesehatan. Menurut Owen, Organisasi layanan kesehatan telah merespon pandemi Covid-19 dengan mengadopsi solusi digital baru dan alat teknologi canggih dengan cepat.

“Inggris berkomitmen untuk membantu Indonesia mengembangkan solusi dan model digital baru dalam perawatan kesehatan sehingga setiap individu di seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses dukungan yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan cara yang benar untuk mereka”, tutur Owen. ***

Ikuti juga kami di Instagram Kabar Sulteng: Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *