Marciano Apresiasi Prestasi KONI Sulteng di PON XX Papua

PALU, – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melantik dan mengukuhkan pengurus KONI Sulawesi Tengah periode 2021-2025, pada Selasa 9 November 2021.

Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Nizar Rahmatu menyampaikan, dalam menyongsong Sulteng Emas pada PON XXI Tahun 2024 di Medan dan Aceh, pengurus KONI Sulteng juga akan mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XXII Tahun 2028 Sulteng dan Gorontalo.

“Prestasi Olahraga adalah Harga Diri dan Kebanggaan dan Motivasi,” ujar Nizar.

Nizar juga menuturkan, atas dorongan dan spirit dari Pemerintah Provinsi Sulteng yang membuat prestasi olahraga melahirkan sejarah baru pada Penyelenggaraan PON XX Papua.

Selanjutnya Nizar mengatakan bahwa pembinaan cabang olahraga unggulan yang akan dilakukan ada 10 cabang olahraga ditambah 1 sepak bola yang menjadi cabang unggulan yang akan dibina untuk meraih Medali emas pada PON XXI tahun 2024 di Medan dan Aceh.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menyampaikan apresiasinya kepada KONI Sulteng atas prestasi yang diraih pada PON XX Tahun 2021 di Papua.

“Selamat kepada pengurus KONI Sulteng yang baru saja dilantik, saya sangat mengapresiasi dukungan luar biasa  dari Pemerintah Daerah Sulteng atas dukungannya terhadap KONI,” ucap Marciano Norman.

Ia juga mengapresiasi program Sulteng emas yang akan dicapai pada PON XXI Tahun 2024 di Medan dan Aceh serta pengajuan sebagai Calon Tuan Rumah pelaksanaan PON XXII Tahun 2028 Sulteng dan Gorontalo.

“Saya minta Pengurus KONI Sulteng agar fokus membina cabang olahraga unggulan yang ada di Provinsi, saya juga mengapresiasi pernyataan Ketua KONI Sulteng bahwa prestasi olahraga adalah harga diri dan kebanggaan daerah,” ujarnya.

Mewakili Gubernur Sulteng, Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir menyampaikan kepada pengurus KONI Sulteng yang baru saja dilantik agar menjalankan tugas keorganisasian lima tahun kedepan dengan berbagai perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi di bidang keolahragaan di daerah.

“PON XX Papua menjadi bukti prestasi olahraga Sulteng, tetapi terus dilakukan perbaikan dan pembinaan untuk dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dan lebih serius agar kekurangan dan keterbatasan dalam hal pembinaan prestasi olahraga dapat teratasi,” ucap Wagub.

Ma’mun Amir menekankan kedepannya seluruh kabupaten dan kota harus memiliki cabang olahraga yang di unggulkan yang nantinya bisa di ikutkan pada setiap event olahraga serta terus melahirkan bibit-bibit baru yang berpotensi dalam olahraga.

“Lahirnya atlet berprestasi bukan hanya berasal dari perkotaan, akan tetapi di desa-desa-pun begitu banyak sumberdaya manusia yang bisa kita jadikan atlet berprestasi, asalkan kita mampu membina secara baik, yang didukung dengan fasilitas olahraga yang baik pula,” terangnya.

Olehnya, Wagub Sulteng berharap, perjuangan untuk menjadikan provinsi Sulteng dan Gorontalo sebagai tuan rumah penyelenggara PON  XXII tahun 2028 dapat terwujud sebagaimana dalam peluncuran program Sulteng Emas PON XXI Tahun 2024.

“Gubernur sudah mengeluarkan rekomendasi tentang persetujuan dan kesiapan tuan rumah PON  XXI Tahun 2028 Sulteng – Gorontalo, semoga mendapat persetujuan,” pungkasnya.(Ajir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *