Hari Ini, Puncak Arus Mudik Natal di Pelabuhan Pantoloan Palu

PT Pelni
Puncak arus mudik natal di Pelabuhan Pantoloan Palu dimulai hari ini. (Foto : PT Pelni)

KABAR SULTENG, – PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Palu jadwalkan puncak kenaikan penumpang arus mudik momen Natal dan tahun baru di Pelabuhan Penumpang Pantoloan jatuh pada hari ini, Minggu 25 Desember 2022.

Kepala Bagian Operasional dan Pelayanan Kantor Pelni Cabang Palu, Eko Agung Laksono, menyampaikan kapal motor (KM) Labobar sebagai kapal pertama yang berangkat pada Minggu pukul 02.30 WITA dari Pelabuhan Pantoloan mengangkut sebanyak 1.416 penumpang.

Baca juga: JATAM Sulteng Minta Pemerintah Audit Sistem Manajemen K3 PT GNI

KM tersebut akan menuju Pelabuhan Balikpapan dan Surabaya.

“Ini penumpang melonjak sebesar kurang lebih 30 persen dari hari biasa,” sebut Eko Agung.

“Untuk nataru ini juga pelabuhan pantoloan ada posko pengamanan mulai dari 18 Desember sampai tanggal 8 Januari 2023,” sambung dia.

Sedangkan KM Lambelu sebagai kapal yang berangkat kedua pada pukul 08.00 WITA mengangkut sebanyak 557 penumpang dengan tujuan Pelabuhan Balikpapan, Pare-pare, Makassar, Bau-bau- Maumere, Larantuka.

Eko Agung juga menyampaikan PT Pelni tetap menerapkan protokol kesehatan pada momen Natal dan tahun baru tahun 2022 terutama pemakaian masker.

“Untuk protokol kesehatan sendiri itu kan ada kebebasan jadi antusias warga lebih menyita juga, yang terpenting masker lebih utama dan vaksin boster yang sudah dewasa,” ungkapnya.

“Untuk kategori 18 tahun ke atas wajib vaksin boster, usian 6-17 tahun wajib vaksin ke dua, kemudian usian di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin atau dikecualikan namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping, serta penumpang dengan kondisi khusus diwajibkan menunjukan surat keterangan dokter dari rumah sakit,” tutur Eko Agung menambahkan.

Lebih lanjut Eko Agung menyampaikan, selama masa nataru ada 4 kali KM yang akan masuk dan berangkat di Pelabuhan Pantoloan.

“Dari sisi keamanan sendiri di Pelabuhan Pantoloan juga sudah menyiapkan tim untuk setiap kapal yang tiba, mulai dari instansi Polri, TNI dan lainnya,” pungkasnya.

Pihak Pelni Pantoloan juga mengimbau agar penumpang KM tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu berhati-hati selama perjalanan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *