Warga Kelurahan Birobuli Utara Panen Raya Sayur

Foto: Warga Birobuli Utara saat melakukan panen raya bersama Diah Puspita. (Ist)

KABAR SULTENG, PALU – Sejumlah warga Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, melakukan panen raya sayur-sayuran, pada Kamis (8/9/22), di Perumahan Angkasa, Jalan Angkasa, Palu.

Panen raya tersebut juga diikuti oleh Ketua PKK Kota Palu, Diah Puspita. Beberapa sayuran yang dipanen oleh warga diantaranya terong, jagung, kacang, tanaman obat keluarga, dan sayuran lainnya.

Diah Puspita juga istri Wali Kota Palu, mengapresiasi panen raya ini. Menurutnya ini merupakan salah satu bentuk pemulihan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap semoga kebun Dasawisma Warga Kelurahan Birobuli Utara bisa menjadi contoh bagi Kelurahan lain di Kecamatan Palu Selatan,” ungkapnya.

Baca juga: Mengenal Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu

Ia juga mengingatkan agar selalu menjalin komunikasi dan sinergi dengan tokoh masyarakat di masing-masing daerah. Sehingga semua akan terwujud bila dilakukan secara bersama.

Tentunya keberadaan Kebun Dasawisma ini akan menjadi salah satu penilaian positif bagi panitia Adipura 2023.

Sementara Lurah Birobuli Utara, Rini Suarni, menuturkan warganya telah memiliki kebun sayur sejak akhir 2021 lalu. Total kebun milik warga berjumlah 14, dan telah dibentuk di setiap RT.

“Saya kadang sebagai perempuan merasa terharu melihat kekompakan kerjasama disini untuk saling bersatu padu mewujudkan kreatifitas di lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

Selain Kebun Dasawisma, Warga Birobuli Utara juga memiliki Bank sampah, dimana setiap warga yang memiliki sampah akan diolah di bank sampah. Selanjutnya sampah yang memiliki nilai jual bisa didaur kembali dan penghasilannya untuk pemberdayaan petugas bank sampah.*** (KS)

Baca juga: Muhaimin Yunus Pilih Temui Pendemo Ketimbang Pulang Lewat Pintu Belakang

Ikuti juga kami di Instagram Kabar Sulteng: Instagram