Inilah 6 Nama Calon Rektor Untad Bakal Bersaing di Pilrek 2022

Calon Rektor Untad 2022
Foto: Kantor Rektor Untad (Ist)

PALU – Panitia penyelenggara Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Tadulako (Untad) resmi menutup pendaftaran calon rektor. Sesuai aturan pendaftaran berakhir pada, Kamis (8/9/22), pukul 23.59 WITA.

Tercatat telah ada enam nama bakal calon Rektor yang telah melakukan pendaftaran. Masing-masing bakal calon telah menyerahkan berkas pendaftaran untuk bersaing di Pilrek Untad 2023-2027.

Ketua Panitia penyelenggara Pilrek Untad, Adam Malik, sebelumnya mengatakan akan terus menunggu kedatangan calon pendaftar Pilrek sampai berakhirnya pendaftaran.

“Pendaftaran berakhir pada Kamis lusa, pukul 23.59. Kami akan terus menunggu kedatangan pendaftar dalam Pilrek Untad,” ujar Adam Malik.

Baca juga: Ini Dia Nama-nama Wisudawan Terbaik Untad Periode 113, Ada IPK 4.00

Sementara, Ketua Senat Untad, Prof Basir Ciyo, membenarkan keenam bakal calon pendaftar tersebut.

“Wa Alaikum salam Warahmatullahi Wa barakatuh, sampai dengan sore ini sudah ada 6 calon,” tulisnya melalui pesan WhatsApp kepada media ini.

Ia berharap, semoga keenam bakal calon tersebut bisa bersaing secara sehat dan tidak lagi menggunakan cara konvensional seperti di zaman Belanda.

“Tidak usah lapor sana lapor sini, karena itu tidak akan memberikan pengaruh selain itu cuma menghabiskan energi, yang pastinya hanya satu yang akan jadi rektor,” ucap Ketua Senat Untad, Prof Basir Ciyo.

Sesuai aturan keenam nama calon tersebut bakal diseleksi oleh Senat Untad sehingga muncul tiga calon utama. Ketiga calon yang ditetapkan ini nanti akan dikirimkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam hak suara, Senat Untad mendapatkan jatah 65 persen, sementara sisanya 35 persen merupakan suara dari Kemendikbudristek.

Inilah enam calon bakal Rektor Untad:

1. Prof Amar Akbar Ali (Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Untad).

2. Prof Muhammad Khairil (Dekan FISIP Untad).

3. Dr. Nurhayadi (Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Untad).

4. Prof Abd Rahim (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Untad)

5. Dr Lufsyi Mahmudin (Dosen Jurusan Fisika FMIPA Untad).

6. Dr Muhtar Lutfi (Eks Dekan Fakultas Ekonomi Untad).

Ikuti juga kami di Instagram Kabar Sulteng: Instagram