Kejati Sulteng Bantu Warga Isoman, RJR : Aksi Nyata Seperti Ini Yang Ditunggu Masyarakat

Pihak Kejati Sulteng Saat Memberikan Bantuan Berupa Nasi Kotak Untuk Warga Yang Menjalani Isolasi Mandiri di Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa (RJR). (Foto : KabarSulteng.id)

PALU, – Dukungan untuk Komunitas Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa (RJR) di Kota Palu, Sulawesi Tengah dalam membantu masyarakat yang terpapar covid -19 terus mengalir dari berbagai pihak.

Menyadari peran RJR, beberapa bulan aktif membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar covid-19, banyak pihak berusaha memberi dukungan dan semangat.

Hari ini Kamis, (26/8/2021), RJR kembali mendapat bantuan dari Kejaksaan Tinggi, Sulawesi Tengah (Kejati Sulteng) berupa paket makanan sebanyak 200 Nasi Kotak untuk dibagikan kepada warga yang sedang isoman karena terpapar Covid-19.

Asdatun, Kejati Sulteng, Ferizal, SH, MH, menyampaikan, pembagian paket makanan ini, merupakan wujud dukungan dan apresiasi untuk RJR, terhadap kepeduliannya kepada masyarakat yang terpapar Covid 19.

“Ini merupakan inisiatif dan perintah Kajati Sulteng, untuk bagaimana saling mensupport dan membantu warga yang membutuhkan dalam situasi pandemi ini,” ucap Ferizal.

Ferizal menerangkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program JAKSA (Jadikan Aku Sahabat) Peduli, oleh Kejati Sulteng, dimana yang menjadi sasarannya pelaku UMKM dan warga terdampak penerapan Lock Micro Efektif (LME) dibeberapa wilayah Kota Palu.

“Dalam program JAKSA Peduli ini, Kejati Sulteng menyiapkan sebanyak 5000 paket makanan dengan memberdayakan pelaku UMKM yang usahanya tutup akibat pandemi, ini akan berlangsung selama enam hari,” terang Ferizal.

Sementara itu, Andi Mulhanan Tombolotutu selaku Relawan RJR, menuturkan, sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan paket makanan dari Kejati Sulteng.

“Kami dari RJR sangat terbantukan dalam mendistribusikan paket makanan kepada warga yang lagi isoman,” ucap Mulhanan.

Mulhanan mengungkapkan, saat ini pihak Relawan RJR sudah menangani sebanyak 872 warga yang sedang menjalani isoman karena covid-19.

“Alhamdulillah sebagian dari warga yang kita tangani itu sudah sembuh, hari ini kita melayani warga sebanyak 187 jiwa, dan yang tertinggi itu warga yang kita layani sebanyak 236 jiwa,’ jelas Toni sapaan akrabnya.

Demikian, kata Toni, kepedulian Kejati Sulteng merupakan langkah dan tindakan nyata dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

Menurutnya, langkah- langkah konkrit seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat, dimana institusi pemerintah harus hadir dan ikut serta dalam membantu masyarakat disaat kesusahan.

“Gerakan gerakan kemanusiaan beginilah yang dinantikan dan dibutuhkan masyarakat kita, kami dari Relawan RJR beserta masyarakat sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada Kejati Sulteng,” pungkas mantan Wakil Walikota Palu itu.(Ajir)