Kadis Dispusaka Ungkap Filosofi Perpustakaan Kota Palu di Bukit Cina

Kepala Dinas Perpustakaan (Kadispusaka) Kota Palu Syamsul Syifudin.
Kepala Dinas Perpustakaan (Kadispusaka) Kota Palu Syamsul Syifudin.

 

Palu, Kabarsulteng.id – Kepala Dinas Perpustakaan (Kadispusaka) Kota Palu Syamsul Syifudin mengungkapkan Filosofi terkait perpustakaan yang berada di kawasan Bukit Cina Jalan Suekarno Hatta, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore.

Perpustakaan tersebut kata Kadispusaka mengandung dua makna yang berhubungan dengan pandangan dan arah masa depan.

Menurutnya, filosofi tersebut telah terlihat dari dua perspektif yang berbeda.

“Berdasarkan ilmu pengetahuan Filosofinya ada dua sisi yaitu di arah kanan gedung memperlihatkan masa depan yang tidak pasti dan untuk arah depan gedung masa depan yang pasti,” jelas Syamsul Syifudin, Sabtu 3 Juni 2023.

Lebih lanjut, dari arah kanan gedung perpustakaan terdapat pemandangan yang indah memperlihatakan Teluk Palu, gunung, dan bukit.

Katanya pemandangan itu menggambarkan sisi masa depan yang tidak pasti.

Dalam konteks ini, lerpustakaan menjadi simbol pengetahuan dan informasi sebagai sumber pengetahuan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang belum diketahui.

Baca juga : Meriahkan Talise Expo, Puluhan Offroader Adu Skill Driving di Sirkuit GBK Palu


“Dengan adanya filosofi ini menekankan pentingnya menggali pengetahuan dan wawasan untuk menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi,”ucapnya.

Tak hanya itu, disisi lain ketika melihat perpustakaan dari arah depan melihat bukit yang penuh dengan ribuan kuburan, pandangan itu menurut Kadispusaka mencerminkan masa depan yang pasti.

“Filosofi ini mengandung pesan bahwa manusia pada akhirnya akan meninggal dunia, dan perpustakaan berperan dalam mewariskan pengetahuan dan warisan budaya kepada generasi mendatang,” tandasnya.

Melalui perpustakaan, pengetahuan dan kearifan yang terkandung dalam buku-buku menjadi abadi dan memberikan nilai-nilai yang tak ternilai bagi masa depan.

“Dengan demikian filosofi
Perpustakaan Kota Palu di Bukit Cina mengajarkan pentingnya persiapan dan pengetahuan untuk menghadapi masa depan yang tidak pasti, serta peran perpustakaan sebagai lembaga yang mewariskan pengetahuan bagi generasi mendatang,” tutup Syamsul. (Angel)