Tidak Dilayani Karena Belum Vaksin, LBH Sulteng-Buol Buka Posko Pengaduan

KABARBUOL.COM, – Lembaga Bantuan Hukum, Sulawesi Tengah (LBH Sulteng) Cabang Buol membuka posko pengaduan keluhan masyarakat terkait proses pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Buol.

Arman selaku Koordinator Bidang SDM dan Organisasi LBH Sulteng – Buol, menyampaikan alasan pembukaan posko pengaduan tersebut karena terdapat keluhan masyarakat yang tidak di layani oleh instansi Pemerintahan di Kabupaten Buol jika belum melakukan vaksinasi.

“Masyarakat ini tidak dilayani, saat mengurus berkas atau urusan administrasi lainnya, kalau yang bersangkutan belum melakukan vaksinasi,” ujar Arman kepada media ini, Jum’at (9/7/2021).

Arman juga mengungkapkan, masyarakat yang terdata sebagai penerima bantuan sosial, pemerintah tidak akan memberikan atau menghentikan bantuan jika belum melakukan vaksinasi covid-19.

Menurut Arman, hal tersebut merupakan sebuah kejahatan dan intimidasi terhadap masyarakat, karena pemberian layanan ataupun jaminan ataupun bantuan sosial merupakan kewajiban pemerintah.

“Jaminan sosial maupun bantuan sosial itu merupakan hak masyarakat, jangan menghubungkan pelaksanaan vaksinasi, itu kewajiban pemerintah untuk melayani masyarakat,” kata Arman.

Tambahnya, pada prinsipnya vaksinasi bersifat sukarela, tugas pemerintah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, tanpa melakukan tindakan intimidasi dengan menggunakan struktur atau kekuasaannya.

Olehnya, Arman menegaskan, selain membuka posko pengaduan baik secara online maupun secara langsung, LBH Sulteng-Buol akan melaporkan keluhan masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kepada Ombudsman RI Sulteng.(AM)