2 Desa Tergenang Banjir di Poso Sulteng

Dua desa di Kabupaten Poso diterjang banjir akibat meluapnya Sungai Samalera. Foto: istimewa
Dua desa di Kabupaten Poso diterjang banjir akibat meluapnya Sungai Samalera. Foto: istimewa

Poso, kabarsulteng.id – Sebanyak dua desa di Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah tergenang banjir akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak sore hari.

Kepala Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulteng Andi Sembiring mengatakan, akibat hujan lebat itu, menyebabkan meluapnya Sungai Samalera dan merendam Desa Maranda dan Trimulya dengan ketinggian air sekitar 100 cm.

“Waktu kejadian sekitar pukul 17.00 Wita, dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” sebut Andi Sembiring, Jumat 5 Mei 2023.

Andi Sembiring menuturkan, terdapat 30 rumah beserta fasilitas umum terdampak di Desa Maranda. Sedangkan di Desa Trimulya lebih banyak lagi rumah tergenang banjir, yaitu 40 unit beserta fasilitas umum lainnya.

“Di Desa Maranda kurang lebih 30 rumah, fasilitas umum seperti jalan trans sulawesi, puskesdes, sekolah 3 unit, dan mushollah tergenang. Kemudian di Desa Trimulya sekitar 40 rumah, fasilitas umum seperti balai desa dan jalan trans sulawesi,” sebutnya.

Andi Sembiring mengaku saat ini pihaknya terus melakukan assessment dan berkoordinasi dengan aparat di dua desa tersebut.

Ia melaporkan, bahwa kondisi terkini di dua desa itu airnya sudah mulai surut kemudian hujan telah reda.

“Jalan trans sulawesi sudah dapat dilalui kendaraan,” pungkasnya. (RK)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *