Isu Kasus Penculikan Anak, Kapolresta Palu: Jangan Takut

Isu Kasus Penculikan Anak
Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah. (Foto: Kabar Sulteng)

KABAR PALU, –  Viralnya isu kasus penculikan anak menjadi perhatian pihak kepolisian khususnya Polresta Palu.

Menyikapi hal tersebut Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah mengeluarkan himbauan Kamtibmas yang ditujukan kepada masyarakat khususnya diwilayah Kota Palu, Kamis 19 Januari 2023.

Himbauan Polresta Palu soal Isu Kasus Penculikan Anak
Himbauan Kapolresta Palu soal Isu Kasus Penculikan Anak

Polresta Palu tersebut mengeluarkan edaran himbauan yang berisi edukasi dalam menyikapi isu kasus penculikan anak diantaranya untuk tidak mudah percaya sebelum mengetahui atau menemukan fakta bahwa hal tersebut adalah benar kasus penculikan anak.

“Jangan mudah percaya dulu, jikalau belum pasti kebenarannya,” kata Kapolresta Palu.

Meski demikian , Kombes Pol. Barliansyah mengajak masyarakat agar mengawasi anak apabila berada diluar rumah dengan tidak menggunakan barang atau perhiasan yang mewah yang dapat memancing terjadinya tindak pidana.

Mantan Dirsamapta Polda Sulteng itu juga menghimbau para orang tua agar mengedukasi anak untuk tidak percaya terhadap orang yang tidak dikenal serta ketika menunggu jemputan saat pulang sekolah agar di area yang memang telah berada dalam pengawasan sekolah.

Diakhir Himbauannya, Kombes Pol. Barliansyah, meminta masyarakat untuk tidak takut atau merasa resah berlebihan terkait Isu tersebut.

“Masyarakat tidak perlu takut dan resah berlebihan menyikapi isu tersebut, tentunya Polresta Palu dan jajaran akan selalu siap dalam melakukan langkah-langkah pencegahan,”.tutupnya.

Baca juga: 40 Personel Polresta Palu Dapat Kenaikan Pangkat Awal 2023

Sebelumnya, Warga Palu dan Donggala dihebohkan dengan beredarnya video seorang lelaki dikeroyok warga, karena diduga menculik anak di Desa Lero, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Senin, 16 Januari 2023.

Kapolres Donggala, AKBP Efos Satria Wisnuwardhana membenarkan dugaan kasus penculikan anak tersebut. Meski begitu, Kapolres mengatakan masih dugaan dan tersangka masih dalam proses pemeriksaan di Mapolres Donggala.

“Masih dugaan. Tersangka sudah diamankan di Mapolres untuk pemeriksaan,” kata Kapolres Donggala.***