Pengembangan Potensi Kelautan dan Perikanan di Parimo Akan Dimaksimalkan

DKP Parimo Targetkan Pengembangan Potensi Kelautan dan Budidaya Perikanan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parimo, Muhammad Sakti A Lasimpala. (Foto: Parimo Aktual/ Iwan TJ)

Parigi Moutong, kabarsulteng.id – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan maksimalkan potensi kelautan dan perikanan di wilayah Parimo dengan  pengembangan budidaya perikanan berorientasi ekspor dan budidaya ikan air tawar dengan sistem Bioflok.

“Ini untuk  memaksimalkan potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar, agar secara maksimal bisa di kelola,” kata Kepala DKP Parimo, Muhammad Sakti A Lasimpala, di Parigi, Senin, 20 Februari 2023.

Sakti menyampaikan, DKP Parimo akan mengambil langkah-langkah kebijakan untuk mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Jelang Ramadhan 2023, Pemda Parimo Antisipasi Kenaikan Harga dan Stok Bahan Pokok

“Untuk memenuhi target yang dibebankan ke DKP selaku dinas penghasil, tentunya kebijakan yang harus kita ambil bisa memberikan nilai plus ke daerah,” ujar Sakti.

Sakti menerangkan, langkah -langkah yang diambil, salah satunya mendampingi para pelaku perikanan, serta memaksimalkan potensi perikanan kelautan di Parimo yang cukup besar.

Adapun beberapa potensi yang menjadi target DKP Parimo diantaranya, pengembangan budidaya perikanan berorientasi ekspor seperti udang Vaname, Kakap dan Kerapu.

Baca juga: Pemda Parimo Upayakan Penurunan Stunting Tahun Ini Capai Target

Juga pengembangan budidaya ikan air tawar dengan sistem Bioflok dan pembinaan serta pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis hasil laut.

Selain menambah pendapatan Daerah, beberapa target tersebut juga menambah penghasilan serta dapat mensejahterakan masyarakat.

“Ini merupakan target-target kita kedepannya yang akan kita lakukan,” pungkasnya.(*/AM)