Berikut Tempat Wisata di Donggala Wajib Kalian Kunjungi

Berikut Tempat Wisata di Donggala Wajib Kalian Kunjungi
Ilustrasi tempat wisata di Donggala. (Foto: Kabar Sulteng)

 

KABAR SULTENG, DONGGALA, – Rekomendasi tempat  wisata di Donggala yang wajib kalian kunjungi. Donggala merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Sulawesi Tengah yang memiliki sejumlah tempat wisata yang tidak kalah indah dengan daerah lain.

Berdasarkan penelusuran KabarSulteng.id, di Donggala terdapat sejumlah tempat wisata yang cocok dijadikan referensi saat akhir pekan.

Berikut rekomendasi tempat  wisata di Donggala yang wajib kalian kunjungi.

  1. Pantai Kaluku

Pantai Kaluku adalah tempat wisata yang terletak di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Dengan jarak 49 km dari pusat Kota Palu, Pantai Kaluku bisa menjadi pilihan untuk liburan karena Pantai ini memiliki keunikannya sendiri, yakni memiliki ayunan sebanyak 3 buah dari kayu setinggi 3 meter.

Pantai Kaluku mempunyai fasilitas seperti pondok-pondok istirahat, perahu nelayan, serta wisatawan bisa menikmati air laut dan panorama bahari yang biru.

Tersedia juga makanan dan minuman segar seperti sarabba dan pisang goreng yang menanti wisatawan.

Harga tiket masuk pun hanya Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per orang.

  1. Pantai Labuana

Pantai Labuana merupakan salah satu Pantai yang memiliki pemandangan indah yang berada di Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya sehingga menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk berlibur.

Hamparan pasir putihnya yang cantik dan juga pohon ketapang yang rindang di tepi pantai, membuat pemandangan Pantai Labuana bertambah eksotis.

Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di Pantai ini  pun antara lain yakni menikmati keindahan Pantai Labuana, berenang, bermain pasir, menikmati sunset, memancing dan juga berkemah.

  1. Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta juga berada di Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Keindahan pantai Sivalenta sendiri masih sangat alami. Area wilayah ini bisa dibilang sebagai objek wisata yang menghadirkan nuansa pantai yang indah dan juga eksotis.

Pantai yang ditempuh dengan jarak 96 km dari pusat Kota Palu ini memiliki suasana alam yang damai dan tenang, sehingga menjadi salah satu hal yang disukai wisatawan perkotaan saat pergi berlibur.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Sivalenta antara lain berenang, bermain pasir, berkemah, snorkeling, diving dan menikmati sunset.

  1. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang adalah objek wisata yang berlokasi di Desa Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang dapat dijumpai wisatawan setelah menempuh jarak 44 km dari Kota Palu.

Tanjung Karang adalah pantai berpasir putih dengan kekayaan hayati biota bawah laut.

Kilauan cahaya emas memantul dari tepi pantai berpasir yang banyak dilintasi perahu nelayan.

Pantai yang berombak tenang ini menjadi salah satu tujuan utama di Sulawesi Tengah.

Potensi wisata di pantai ini mulai dikembangkan dengan beberapa bangunan rumah panggung yang difungsikan sebagai penginapan.

  1. Pusat Laut (Pusentasi)

Lokasi wisata Pusat Laut atau Pusentasi tepatnya berada di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Selain lebar, sumur yang satu ini memiliki kedalaman 5-7 meter karena dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Airnya sangat jernih hingga wisatawan dapat melihat ke dasarnya, serta berwarna kebiru-biruan.

Harga tiket masuk untuk menikmati Pusat Laut Donggala hanya dengan membayar Rp2.500 per orang.

Fasilitas umum yang ada di Pusat Laut Donggala di antaranya area parkir yang cukup luas, warung-warung makan dan minuman, gazebo atau saung sederhana, dan kamar mandi.

Berikut tempat wisata di Donggala wajib dikunjungi bisa menjadi referensi untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman.***