Petugas Tertibkan Tambang Ilegal di Dataran Bulan Ampana

Petugas tertibkan tambang ilegal di Dataran Bulan Ampana Tete
Petugas tertibkan tambang ilegal di Dataran Bulan Ampana Tete. (Foto: Polres Touna)

Tojo Una-Una, kabarsulteng.id – Petugas tertibkan tambang emas ilegal di Dataran Bulan Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah, Sabtu, 28 Januari 2023.

Petugas yang terdiri Tim Gabungan Polres Tojo Una-Una bersama Pemerintah Daerah Kabuten (Pemkab) Tojo Una-Una, Kejaksaan Negeri Tojo Una-Una, Petugas Kehutanan serta Aparat Desa menyisir kawasan Kilometer 49 dan 47 di Dataran Bulan Kecamatan Ampana.

Baca juga: Polisi Tangkap 13 Pelaku Pencabulan di Touna

Kapolres Tojo Una-Una, AKBP Riski Fara Sandhy mengatakan, tim gabungan berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 Alkon yang digunakan untuk menambang di Area Kilo 47.

“Tim Gabungan mengambil tindakan sterilisasi area tambang tersebut dengan membongkar sekaligus membakar camp,” ujar Kapolres Tojo Una-Una.

Riski juga mengungkapkan, dari hasil penertiban di area Kilo 49 ada 6 pekerja beserta barang bukti berupa Alkon diamanakan tim gabungan.

Kemudian petugas membakar seluruh camp milik para pekerja penambangan emas tanpa izin yang ada dilokasi agar tidak bisa digunakan kembali.

“Para pekerja tambang dan barang bukti kami bawa ke Polres Touna untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ” ujarnya.

Kapolres menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penegakan hukum terhadap penambangan emas liar di Dataran Bulan Kecamatan Ampana Tete.

“Kita akan terus melakukan penindakan terhadap para pelaku penambang emas liar yang ada diwilayah hukum Polres Tojo Una-Una,” tegasnya.(*/AM)