Resmikan Masjid Agung Buol, Bupati Buol : Masjid Ini Harus Jadi Pusat Kajian Islam di Daerah

KABARBUOL.COM – Setelah memakan waktu beberapa tahun pembangunannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Buol (Pemda Buol) meresmikan Masjid Agung Buol, pada Jum’at (15/1/2021).

Peresmian Masjid megah karya akbar Pemda Buol tersebut, di rangkaian dengan Sholat Jum’at perdana bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bersama Masyarakat Kabupaten Buol. Sekaligus di sertai dengan pengukuhan Dewan Kemakmuran Masjid.

Bupati Buol, dr. Amirudin Rauf menyampaikan, bahwa selain sebagai tempat beribadah, Masjid ini harus menjadi pusat kajian Islam di daerah.

“Dari tempat ini, kita akan mulai dan rutin mengkaji ajaran Islam di daerah. Jadi selain sebagai tempat beribadah, Masjid Agung Buol akan menjadi pusat pendalaman ilmu islam di daerah” ujar Bupati dalam sambutanya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan semoga Masjid ini akan menjadi suatu kebanggan bagi Masyarakat Buol.

“Kita harus bangga atas berdirinya Masjid Agung Buol ini. Kebanggan kita harus sejalan dengan kemegahan gedung ini. Tetapi kita ingin bangunan nan megah ini, akan menjadi simbol bahwa Kab. Buol adalah daerah yang mengedepankan nilai-nilai religius” tutur Bupati.

Ia juga mengatakan, masjid ini pada saatnya akan memainkan peran strategisnya dalam pembinaan, pengkajian dan pemberdayaanserta pembentukan peradaban Islam di Kabupaten Buol.

“Saya inginkan, kita jaga bersama keagungan masjid ini. Karena Masjid ini adalah milik kita bersama. Mari kita bangun peradaban daerah kita salah satunya dari masjid ini” ucap Bupati Buol dengan penuh rasa haru dan syukur atas di resmikanya Gedung ini.

Lokasi Masjid yang strategis di pusat pemerintahan di harapkan dapat menjadi titik episentrum mewujudkan masyarakat Madani di Kabupaten Buol.

“Saya ingin daerah ini seperti masyarakat Madina di zaman Rasululllah Muhamad SAW, dimana selain sangat taat dan beriman, juga hidup sejahtera, dan toleran secara sosial” ucap Bupati Lagi.

“Semoga daerah kita selalu di berikan Allah SWT hidayah, selalu di tuntun langkah kita, untuk Masyarakat Madani juga sejahtera” tambah Bupati Buol.

Saat mengukuhkan Dewan Kemakmuran Masjid, Bupati Buol berpesan agar fokus substansi, jangan terjebak pada simbol dan remeh temeh.

“Dengan berdirinya masjid ini, kita ingin membangun peradaban islam yang rahmatan lil alamin di Kabupaten Buol. Jadi jangan terjebak pada simbol. Kita semua sama, Islam yang memilki tujuan yang sama. Tapi kita juga harus tetap toleran secara sosial” ucap Bupati saat mengukuhkan DKM.

Peresmian ini di langsungkan dengan penandatanganan, dan juga Sholat Jum’at bersama, tentunya dengan tetap menerapkab protokol kesehatan yang ketat.(*)

 

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Buol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *